HomeBlogKnowledge centerHiring Karyawan Baru? HR Manager Harus Pilih yang Tepat!

Hiring Karyawan Baru? HR Manager Harus Pilih yang Tepat!

Di awal tahun, HR manager kerap menghadapi tantangan dalam proses hiring karyawan baru. Karena harus pilih yang tepat, tak jarang mereka memilih perusahaan outsourcing sebagai HR solutions partner-nya.

Tips Interview kerja untuk HR Manager
Image: Tips Interview kerja untuk HR Manager

Rekrutmen adalah kegiatan untuk mencari, menemukan, menarik, dan memilih individu sebagai calon tenaga kerja yang memiliki karakteristik sesuai dengan perencanaan sumber daya manusia (SDM) yang telah ditetapkan.

Biasanya, para HR (human resource) Manager bisa mencari dengan beberapa cara, dari mulai menggunakan pencarian SDM secara langsung, ataupun melalui perusahaan outsourcing (perusahaan alih daya). 

Baca juga: Apa saja solusi yang diberikan perusahaan outsourcing?

Tentunya sebagai HR Manager, ada banyak faktor yang harus dipertimbangkan untuk mencari SDM yang berkualitas untuk perusahaan. Berikut ini merupakan tips yang Anda dapat gunakan jika ingin merekrut karyawan yang tepat!

Pastikan Karyawan Memiliki Kualifikasi

Dibukanya lowongan kerja terbaru dalam sebuah perusahaan tentunya akan sangat mengundang antusiasme para pencari kerja. Tak jarang mereka tetap melamar pekerjaan kepada perusahaan tersebut walau kualifikasinya tidak sesuai dengan background yang dimiliki. 

Maka dari itu, penting untuk HR Manager dari setiap perusahaan wajib menyeleksi lagi siapa saja yang memiliki kualifikasi sesuai dengan yang diminta perusahaan, dan siapa yang tidak.

Punya Visi dan Misi yang sama dengan Perusahaan

Dalam memilih SDM untuk bekerja di suatu perusahaan, penyamaan visi dan misi kedua belah pihak merupakan salah satu hal yang penting untuk menjalankan bisnis. Dengan begitu, tentunya akan lebih mempermudah komunikasi antara dua pihak dalam menyelesaikan tanggung jawabnya di kedepannya.

Pengalaman Kerja dan Potensi yang Dimiliki

Salah satu hal yang sangat perlu dipertimbangkan adalah terkait latar belakang yang dimiliki pencari kerja. HR Manager juga harus memastikan agar pencari kerja memiliki pengalaman relevan bagi pekerjaan yang dilamar.

Selain pengalaman kerja yang relevan, HR Manager juga harus melihat potensi yang ada pada diri pelamar kerja, apakah dia orang yang mudah berkembang, mau belajar hal baru, dan bertanggung jawab atas pekerjaannya, dsb. 

Hal ini dianggap sangat penting karena tindakan ini juga merupakan langkah preventif yang dapat menghindarkan perusahaan dari karakter individu yang tidak diinginkan perusahaan. 

Kesesuaian Anggaran

Jika semua poin-poin di atas dirasa sudah terpenuhi, penyesuaian anggaran perlu dilakukan karena kedua belah pihak pastinya memiliki ekspektasi satu sama lain terkait pendapatan.

Tak jarang beberapa perusahaan sudah memberi tahu besaran gaji yang akan diberikan sejak awal, tapi beberapa juga ada yang tidak secara eksplisit memberi tahu sampai waktu interview tiba. Dan di saat itulah negoisasi atau penyesuaian anggaran dilakukan hingga tercapai kesepakatan.

Baca juga: Tiga tipe interview kerja. 

Ketersediaan dan Kesiapan

Saat proses rekrutmen, Anda perlu tahu, apakah: pelamar kerja bersedia mengikuti segala macam aturan perusahaan; sanggup menyediakan waktunya untuk jangka waktu tertentu; memiliki kondisi kesehatan khusus yang perlu diketahui oleh perusahaan, dsb.

Lima tips di atas adalah tips yang baik untuk digunakan ketika ingin merekrut karyawan di perusahaan Anda.

Selain itu, ada cara lainnya yang lebih bisa menghemat waktu dan tenaga dalam melakukan proses rekrutmen karyawan baru, yakni dengan melibatkan perusahaan outsourcing dalam rangka pencarian SDM yang berkualitas. 

Image: Pelatihan kerja HR Manager oleh perusahaan outsourcing

PKSS atau Prima Karya Sarana Sejahtera adalah perusahaan terbaik untuk outsourcing di Jakarta yang sudah memiliki pengalaman lebih dari 20 tahun dalam mengelola sumber daya manusia.

Hadir untuk menjadi HR solution partner yang dapat membantu para HR Manager untuk menyaring tenaga kerja berkualitas yang baik bagi perusahaan untuk berbagai jenis pekerjaan.

Tak hanya sebagai penyedia tenaga kerja yang menyediakan tenaga kerja, PKSS juga hadir untuk membantu para pencari kerja untuk bisa mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan yang mereka butuhkan.

Dalam melakukan manajemen sumber daya manusia, jasa penyedia sangat disarankan untuk memberikan pelatihan kerja kepada para pencari kerja. Hal ini PKSS lakukan untuk pengelolaan sumber daya manusia untuk dapat memenuhi kebutuhan perusahan.

Sebagai perusahaan outsourcing, PKSS menyediakan sistem e-recruitment yang sering kali memberikan update terkait lowongan kerja terbaru yang rutin diunggah di website resmi PKSS.

Baca juga: Lowongan kerja terbaru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *